Dec
05
2016

DV RUN 2016

FullSizeRender

Halo, nama saya Fonny Sumawi, NIM 2001561480, jurusan Finance. Berikut adalah cerita saya mengenai kegiatan DV RUN yang saya ikuti pada tanggal 4 Desember 2016 di Ancol.

IMG_8743IMG_8744

DV RUN merupakan acara yang diadakan oleh BINUS University (UKM KMBD). Acara ini merupakan acara yang bertujuam untuk pemgumpulan dana yang akan disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan yang dilakukan dalam acara ini adalah Para peserta lari pagi bersama mengelilingi Ancol lalu dilanjutlan dengan acara-acara yang disajikan di panggung hingga jam 15.00. Acara ini diadakan di Ancol, pada tanggal 4 Desember 2016. Jalannya acara di mulai pada pukul 6.40 yaitu diawali dengan pemanasan bersama.

Acara diawali pada pukul 6.40 pagi, dengan pemanasan bersama yang dipimpin oleh seorang instruktur

Acara diawali pada pukul 6.40 pagi, dengan pemanasan bersama yang dipimpin oleh seorang instruktur

Setelah itu peserta dipersilahkan itu lari mengelilingi Ancol sesuai dengan jalur yang telah ditentukan pada pukul 7.00 pagi

Setelah pemanasan, peserta diarahkan untuk mulai lari bersama

Setelah pemanasan, peserta diarahkan untuk mulai lari bersama

Peserta akan mulai berjalan di garis start

Peserta akan mulai berjalan di garis start

Acara ini sangat menarik karena bukan hanya lari bersama biasa, ditengah perjalanan terdapat beberapa rintangan-rintagan yang harus dilewati sehingga perjalanan tidak terasa membosankan.

Rintangan pertama yan harus dilewati

Rintangan pertama yan harus dilewati


rintangan kedua

rintangan kedua

rute melewati pantai Ancol

rute melewati pantai Ancol

setelah kita sampai ke garis finish kurang dari pukul 9 pagi, kita mendapatkan medali yang dikalungkan oleh anak-anak yang kita bantu

setelah kita sampai ke garis finish kurang dari pukul 9 pagi, kita mendapatkan medali yang dikalungkan oleh anak-anak yang kita bantu

Pada saat Finish, saya sedikit terkejut sekaligus terharu karena dikalungi oleh anak-anak jalanan yang terlihat begitu tulus dan baik. Mereka tersenyum dan terlihat bahagia sekali mengalungkan medali itu kepada setiap peserta DV Run.

Alasan saya mengikuti acara DV RUN ini adalah karena menurut saya acara ini menarik, seru dan bermanfaat karena selain seru-seruan bareng teman, kita dapat sekalian beramal kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pelajaran yang saya bisa dapat dari mengikuti kegiatan ini adalah mengetahui bagaimana sussahnya mencapai tujuan yang panjang melalui lari melawati rute sepanjang 5km dan saya juga mendapat pelajaran bahwa hidup tidak semudah yang kita pikirkan, banyak orang diluar sana yang membutuhkan bantuan kita, maka kita harus selalu beramal.

Bagi teman-teman anak jalanan : ” Tetap semangat ya adek-adek! Berusahalah capai cita-cita kalian setinggi mungkin”

Bagi teman-teman aktivis-aktivis sosial untuk anak jalanan : ” Tetap semangat ya membantu teman-teman kita yang membutuhkan agar mereka bisa lebih semnangat dan hidup lebih baik”

Berikut adalah informasi mengenai anak jalanan di Indonesia:

Masalah:
1. Kekerasan terhadap anak jalanan

Zaman memang sudah berubah. Sebanyak 80 persen pelaku kekerasan terhadap anak justru ibu korban. Orang tua sebagai pelindung malah menjadi pelaku kekerasan.Tekanan ekonomi dan multifaktor kemiskinan memicu stres hingga depresi orang tua, menjadikananak sebagai pelampiasan emosi. Begitu juga pola umum pelaku kekerasan fisik dan seksualterhadap anak adalah orang terdekat dan kerabat korban, baik di rumah, sekolah, maupunlingkungan pergaulan. Fakta ini meminta kesungguhan orang tua, keluarga, dan masyarakatuntuk meningkatkan kepedulian terhadap anak-anak di sekitarnya

Dari masalah diatas, dapat kita lihat bahwa sekarang ini, anak jalanan bukan hanya membutuhkan bantuan berupa material saja, namun pada saat ini mereka juga butuh perhatian dibidang keamanan. Menurut saya, hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu mereka adalah memperhatikan kondisi lingkungan mereka dan melaporkan jika ada tindakan kekerasan yang dilakukan pada anak jalanan. Selain itu, masyarakat juga bisa bekerjasama bersama pemerintah untuk membuat lebih banyak lagi rumah pelindung bagi anak jalanan atau panti asuhan bagi mereka yang yatim piatu agar hidup mereka bisa lebih baik.

Written by fonnysumawi in: Uncategorized |

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker. Zinsen, Streaming Audio